Profile

Program Studi Kimia Tekstil merupakan salah satu dari tiga program studi yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil (STTT). Program studi ini sudah ada sejak awal STTT didirikan, tepatnya pada tanggal 1 Agustus 1954 dengan keputusan Menteri Perekonomian tertanggal 17 Juli 1954. Pada tahun 1966 Program Studi Kimia Tekstil ini menyelenggarakan pendidikan Strata 1 (S-1) ketika bernama Institut Teknologi Tekstil (ITT) sesuai dengan keputusan Menteri Perindustrian Tekstil No. 011/M/Kpts/66 tanggal 1 Februari 1966 sehingga lulusannya mendapat gelar Sarjana Tekstil (S.Teks) sesuai keputusan Menteri Perindustrian Tekstil dan Kerajinan Rakyat No. 104/M/SK/1966 tanggal 4 November 1966. Program studi ini pada tahun 1975 sempat dievaluasi oleh Konsorsium Pembina Science dan Teknologi dengan hasil memadai sehingga para lulusan dalam pengangkatan sebagai pegawai negeri pada posisi awal dihargai sama dengan ijazah PTN. Dampak lain dari hasil penilaian ini adalah kesempatan bagi para lulusan untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi (Strata 2) di PTN maupun di luar negeri.

Dalam rangka melaksanakan Keputusan Presiden No. 34 tahun 1972 dan Instruksi Presiden No. 15 tahun 1974, pada tahun 1981 ITT diubah menjadi STTT yang menyelenggarakan program profesi (vokasi) dan dikukuhkan dengan Keputusan Bersama Menteri Perindustrian dengan Menteri Pendidikan dan Kebudyaan No. 274/M/SK/VI/1981 dan 0182/O/1981 tanggal 6 Juni 1981. Dengan adanya perubahan tersebut, kurikulum Program studi ini kemudian disesuaikan kembali dari program akademik menjadi program profesi (vokasi) dengan jenjang Diploma IV. Sebutan profesional lulusan Program Diploma IV adalah Sarjana Sains Terapan (SST) sesuai dengan PP No. 60 tahun 1999. Dimana lulusannya berdasarkan keputusan Presiden No. 57 tahun 1984 dalam bidang kepegawaian dihargai sama dengan ijazah Sarjana (Strata-1).

Pada tahun 2015 STTT berubah menjadi Politeknik STTT Bandung atas dasar penataan organisasi dan tata kerja satuan pendidikan tinggi vokasi di lingkungan Kementerian Perindustrian yang meliputi perubahan STTT menjadi Politeknik STTT Bandung sebagaimana disetujui oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi melalui surat Nomor B/5782/M.PAN-RB/12/2014 dan ijin penyelenggaraan Program Studi Diploma Empat Politeknik STTT Bandung melalui keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 497/E/2014. Dengan adanya perubahan tersebut maka kurikulum program studi disesuaikan kembali dan lulusan dari program studi Teknik Tekstil akan mendapat gelar Sarjana Terapan Teknik (S.Tr.T).

Visi :

Menjadikan Program Studi Kimia Tekstil sebagai acuan dan pusat informasi dalam penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan dan pelatihan bidang keahlian kimia tekstil serta dalam penanganan masalah-masalah yang berkaitan dengan operasional serta pengembangan industri tekstil dan produk tekstil (TPT) serta industri penunjangnya.

Misi :

Mendidik mahasiswa menjadi tenaga ahli tekstil sesuai dengan kebutuhan, melaksanakan penelitian aplikatif maupun sains dalam rangka membantu memecahkan masalah atau pengembangan industri TPT.

Tujuan Program Studi Kimia Tekstil :

  1. Menyiapkan tenaga ahli kimia tekstil yang memiliki kemampuan akademik dan professional dalam pengoperasian dan pengembangan industri tekstil dan produk tekstil (TPT)
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui pelaksanaan penelitian di bidang kimia tekstil.
  3. Menyediakan pelayanan kepada masyarakat melalui penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan,konsultasi dan kegiatan kerjasama lainnya.

 

Profil Lulusan :

Lulusan Program Studi Kimia Tekstil diharapkan :

  • mempunyai pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan proses manufaktur tekstil di dalam lingkup kimia tekstil
  • mampu mengembangkan teknologi proses kimia tekstil
  • memahami dan mampu menangani operasional mesin dan sistem produksi, mutu dan teknik evaluasi tekstil meliputi serat, benang dan kain
  • memiliki keterampilan untuk merancang proses kimia tekstil, mengevaluasi dan mengontrol mutu produk dalam rangka pengelolaan unit produksi tekstil
  • memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah-masalah keteknikan di industri tekstil.

 

Akreditasi :

Program studi Kimia Tekstil telah terakreditasi A oleh BAN-PT

akreditasi